Sedekah Pohon Untuk Masyarakat

Sedekah Pohon Untuk Masyarakat

Yayasan Bina Dhuafa Indonesia tak henti-hentinya memberdayakan masyarakat melalui berbagai macam kegiatan sosial. Selasa, 28 Februari 2017 lalu, Yayasan Bina Dhuafa kembali menebar kebaikan dengan sedekah. Kali ini bentuk sedekah bukan seperti biasanya yang berupa sembako, pakaian pantas pakai ataupun santunan uang, namun sedekah ini dengan ribuan bibit pohon di Desa Kumbo, Kecamatan Sedan, Rembang.

Sore itu masyarakat Desa Kumbo berbondong-bondong menuju Gedung Asrama Yayasan Bhina Duafa untuk menghadiri undangan pengambilan bibit pohon. Ratusan orang memadati halaman gedung Yayasan Bina Dhuafa untuk memilih berbagai macam bibit pohon yang sudah disediakan oleh Yayasan Bina Dhuafa Indonesia dari sumbangan BPDASHL Pemali Jratun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Program Sedekah Pohon Yayasan Bina Dhuafa di Desa Kumbo, Sedan, dok. Yayasan Bina Dhuafa (28/02/2017)

Masyarakat Kumbo merasa sangat senang mendapatkan bantuan bibit pohon yang terdiri dari bibit sengon, bibit jati, dan bibit nangka.

“Saya sangat senang mendapatkan bantuan bibit pohon jati dan sengon, nanti akan saya tanam di ladang saya. Kemudian, bibit nangka dapat saya tanam di pekarangan rumah,” ungkap Ismail warga Kumbo.

Sebelum warga Kumbo pulang ke rumahnya masing-masing dengan mambawa bibit pohon untuk ditanam, warga terlebih dahulu mendapatkan pembekalan untuk menanam dan merawat pohon serta materi pentingnya pohon bagi kehidupan masyarakat oleh Sri Widadi, Penyuluh Kehutanan Muda Kabupaten Rembang.

“Manfaat pohon bukan hanya dari kayunya saja, namun pohon adalah penghasil utama oksigen yang kita hirup sehari-hari. Pohon juga menyerap zat racun karbon dioksida, maka menanam pohon itu sangatlah penting untuk melestarikan alam. Maka sama saja kita bersedekah oksigen bagi mahluk hidup yang menghirupnya,” tutur Sri Widadi menerangkan manfaat pohon kepada masyarakat Desa Kumbo.

Warga Kumbo, Kecamatan Sedan sedang memilih bibit pohon untuk ditanam, dalam program Sedekah Pohon Yayasan Bina Dhuafa, dok. Yayasan Bina Dhuafa (28/02/2017)

Rencananya, bukan hanya sampai di Sedekah Pohon saja program Yayasan Bina Dhuafa di Desa Kumbo, namun akan ada berbagai macam program pemberdayaan masyarakat lainnya. Diantaranya pelatihan untuk anak-anak yatim dan dhuafa, agar memiliki bekal keterampilan untuk membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan nantinya.

Program Sedekah Pohon ini diselenggarakan di area Asrama Yayasan Bina Dhuafa. Gedung asrama ini nantinya akan diperuntukan bagi anak-anak untuk belajar keterampilan komputer, multimedia, bahkan menanam. Asrama rencananya akan diresmikan dalam beberapa minggu ke depan dengan mengundang anak-anak yastim dan dhuafa

Penulis : Sri Widadi

SILAHKAN ANDA SHARE ARTIKEL BERIKUT INI !

    Postingan Lain:

    Comments are closed.