Zakat Untuk Anak Yatim

Sahabat…. Bolehkah kita berzakat untuk anak yatim ? pertanyaan ini sering terlontarkan kepada banyak orang dan banyak juga Jawaban yang keluar sebelum kita menjawab pertanyaan tsb mari kita telaah dahulu tentang anak yatim ini. memang dalam ayat alquran anak yatim ini tidak tergolong dalam 8 asnaf penerima zakat, anak yatim ini bisa menerima zakat dengan ketentuan karna anak yatim ini miskin, atau fakir atau masuk dalam kategori 8 asnaf yang dimaksud.

Sebagaimana Firman Allah berikut ini

Pada dasarnya anak yatim tidaklah termasuk dalam delapan jenis orang yang berhak menerima zakat (mustahik) sebagaimana disebutkan didalam firman-Nya :

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah : 60)

Akan tetapi apabila anak yatim itu tergolong fakir atau miskin atau terdapat pada dirinya salah satu sifat dari delapan sifat mustahik diatas maka ia berhak menerima zakat dari sisi ini. Dan zakat tersebut hendaklah diberikan kepada wali atau orang yang mengurusinya kecuali jika orang yang mengurusinya itu termasuk orang yang tidak pandai mengatur hartanya maka ia bisa diberikan kepada suatu lembaga yang mengurus anak yatim dan agar lembaga itu mengatur pemberiannya kepada anak yatim tersebut.

Sahabat Bina Dhuafa, Marilah kita bersedekah untuk program pemberdayaan anak yatim dhuafa agar kita terhindar dari kesedihan dan ke kesulitan hidup karna InsyaAllah dengan bersedekah Allah akan memudahkan langkah hidup kita. Mari salurkan Zakat Infaq dan sedekah anda ke

Bank BCA : 78 350 394 12 A.n Mahmudi
Mandiri : 135 009 755 7555 A.n Yayasan Bina Dhuafa
Bank BNI : 315 755 7552 A.n Yayasan Bina Dhuafa
BRI :014 201 005 931 535 A.n Yayasan Bina Dhuafa

Konfirmasi Donasi ke : 081 315 755 755

SILAHKAN ANDA SHARE ARTIKEL BERIKUT INI !

    Postingan Lain:

    2 Komentar

    1. Rahmat Saputra 21 June 2012 at 08:39

      Pak saya mau tanya saya punya uang zakat bolehkah saya zakat langsung ke anak-anak yatim di daerah kami tampa lewat Lembaga Amil Zakat ?

    2. Burhan 15 July 2012 at 18:46

      Zakat untuk anak yatim yang miskin sangat boleh sekali dan banyak manfaatnya,….